Main Article Content
Abstract
Penguasaan Qira'at 'Asyr esensial bagi guru Al-Qur'an guna memperkaya kualitas pembelajaran, namun stigma kesulitan dan keterbatasan waktu sering menghambat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengatasi tantangan tersebut dengan menyelenggarakan pelatihan "1 Jam Mampu Praktik Membaca Qira'at 'Asyr" bagi guru tahfidz Yayasan An-Naba Subang. Pelatihan dirancang efisien dan praktis, dengan memanfaatkan aplikasi digital Mushaf El-Mohafez sebagai media utama, yang menyediakan 20 mushaf riwayat berbeda, audio bacaan, dan penanda visual perbedaan bacaan Hafs. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Service Learning melalui tiga tahap: perencanaan (diskusi dengan pimpinan yayasan, wawancara, observasi kebutuhan guru), pelaksanaan (penyampaian materi interaktif, instalasi dan tutorial aplikasi, praktik bacaan), dan evaluasi (testimoni peserta, pernyataan pimpinan yayasan, post-test praktik). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan praktik guru dalam mengidentifikasi dan melafalkan Qira'at 'Asyr, mematahkan stigma kesulitan, serta menumbuhkan minat belajar. Testimoni peserta mengonfirmasi kemudahan belajar Qira'at dengan media El-Mohafez. Tindak lanjut meliputi dukungan studi formal dan pendampingan materi ushul Qira'at daring, menunjukkan bahwa pelatihan singkat yang terfokus dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kompetensi dan memotivasi pembelajaran berkelanjutan guru tahfidz.