Main Article Content
Abstract
Pelatihan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam penyusunan artikel ilmiah bagi mahasiswa S3 PKUMI bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akademik, literasi digital, dan produktivitas publikasi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahap: perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan pendampingan lanjutan. Pada tahap pelaksanaan, peserta dilatih menggunakan ChatGPT untuk merumuskan ide, kerangka artikel, dan teori utama; Google Scholar serta Publish or Perish untuk pencarian literatur; dan Mendeley untuk pengelolaan referensi. Metode pelatihan dilakukan melalui praktik langsung dan coaching clinic sehingga peserta tidak hanya memahami teori tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam penulisan ilmiah. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan penulisan, kecepatan penyusunan naskah, serta kemandirian peserta dalam mengintegrasikan teknologi AI dalam proses akademik.
Keywords
Article Details
References
- Aransyah, Fikry, Wira Bharata, Putri Nur Aulia, Annisa Maulidia, and Dita Ismaliana R. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka.” PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat) 3, no. 1 (June 16, 2021): 88. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5848.
- Elston, Dirk M. “Mendeley.” Journal of the American Academy of Dermatology 81, no. 5 (November 2019): 1071. https://doi.org/10.1016/j.jaad.2019.06.1291.
- Heumüller, Robert, Sebastian Nielebock, Jacob Krüger, and Frank Ortmeier. “Publish or Perish, but Do Not Forget Your Software Artifacts.” Empirical Software Engineering 25, no. 6 (November 8, 2020): 4585–4616. https://doi.org/10.1007/s10664-020-09851-6.
- Jacsó, Péter. “Calculating the H‐index and Other Bibliometric and Scientometric Indicators from Google Scholar with the Publish or Perish Software.” Online Information Review 33, no. 6 (November 27, 2009): 1189–1200. https://doi.org/10.1108/14684520911011070.
- Memarian, Bahar, and Tenzin Doleck. “ChatGPT in Education: Methods, Potentials, and Limitations.” Computers in Human Behavior: Artificial Humans 1, no. 2 (August 2023): 100022. https://doi.org/10.1016/j.chbah.2023.100022.
- Muhtadin, Khoirul. “Pelatihan 1 Jam Mampu Praktik Membaca Qira’at ’Asyr Untuk Guru Tahfidz Yayasan An-Naba Subang.” Suluh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2025): 1–12.
- Pranata, Sofyan Puji, Khoirul Muhtadin, Dedi Kuswandi, and Gita Putri. “Tahsin and Tahfidz Training with Quantum Methods for Students of MAN 1 Subang: Pelatihan Tahsin Dan Tahfidz Dengan Metode Quantum Untuk Siswa MAN 1 Subang.” Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (2024): 1–15.
- Puspitasari, Indah, Agung Budi Kurniawan, Siti Mariyam, and Nova Alfadillah Rukmana. “Artificial Interlligence Dalam Penulisan Artikel Ilmiah.” Prosiding Seminar Nasional Dalam Jaringan Hasil Penelitian Dan Abdimas Tahun 2020, 2020, 1–6.
- Rahayu, Septi. “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah.” Communnity Development Journal 4, no. 4 (2023): 9318–22.
- Side, Sumiati, Suriati Eka Putri, Sakinah Zubair, and Nita Magfirah Ilyas. “Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Guru SMAN 11 Kabupaten Pangkep.” SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 58. https://doi.org/10.35580/smart.v4i1.61392.
- Simamora, Rumiris. “A Survey Research: What Is the Role of the Mendeley Application in the Student Environment?” Indonesian Journal of Education and Social Humanities 1, no. 2 (June 27, 2024): 40–45. https://doi.org/10.62945/ijesh.v1i2.117.
- Supriyadi, Estu. “Penggunaan ChatGPT Open AI Pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Dampaknya Bagi Mahasiswa.” Prosiding Nasional 2024 Universitas Abdurachman Saleh SItubondo 3, no. 1 (2024): 123–30. https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4799.
- Welsby, Philip, and Bernard M Y Cheung. “ChatGPT.” Postgraduate Medical Journal 99, no. 1176 (September 21, 2023): 1047–48. https://doi.org/10.1093/postmj/qgad056.
- Wuryandini, Ayu Rakhma, Lukman Pakaya, and Kadek Hartana. “Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat) 10, no. 3 (October 21, 2021): 452–67. https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.10511.
References
Aransyah, Fikry, Wira Bharata, Putri Nur Aulia, Annisa Maulidia, and Dita Ismaliana R. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka.” PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat) 3, no. 1 (June 16, 2021): 88. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5848.
Elston, Dirk M. “Mendeley.” Journal of the American Academy of Dermatology 81, no. 5 (November 2019): 1071. https://doi.org/10.1016/j.jaad.2019.06.1291.
Heumüller, Robert, Sebastian Nielebock, Jacob Krüger, and Frank Ortmeier. “Publish or Perish, but Do Not Forget Your Software Artifacts.” Empirical Software Engineering 25, no. 6 (November 8, 2020): 4585–4616. https://doi.org/10.1007/s10664-020-09851-6.
Jacsó, Péter. “Calculating the H‐index and Other Bibliometric and Scientometric Indicators from Google Scholar with the Publish or Perish Software.” Online Information Review 33, no. 6 (November 27, 2009): 1189–1200. https://doi.org/10.1108/14684520911011070.
Memarian, Bahar, and Tenzin Doleck. “ChatGPT in Education: Methods, Potentials, and Limitations.” Computers in Human Behavior: Artificial Humans 1, no. 2 (August 2023): 100022. https://doi.org/10.1016/j.chbah.2023.100022.
Muhtadin, Khoirul. “Pelatihan 1 Jam Mampu Praktik Membaca Qira’at ’Asyr Untuk Guru Tahfidz Yayasan An-Naba Subang.” Suluh: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2025): 1–12.
Pranata, Sofyan Puji, Khoirul Muhtadin, Dedi Kuswandi, and Gita Putri. “Tahsin and Tahfidz Training with Quantum Methods for Students of MAN 1 Subang: Pelatihan Tahsin Dan Tahfidz Dengan Metode Quantum Untuk Siswa MAN 1 Subang.” Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 1 (2024): 1–15.
Puspitasari, Indah, Agung Budi Kurniawan, Siti Mariyam, and Nova Alfadillah Rukmana. “Artificial Interlligence Dalam Penulisan Artikel Ilmiah.” Prosiding Seminar Nasional Dalam Jaringan Hasil Penelitian Dan Abdimas Tahun 2020, 2020, 1–6.
Rahayu, Septi. “Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah.” Communnity Development Journal 4, no. 4 (2023): 9318–22.
Side, Sumiati, Suriati Eka Putri, Sakinah Zubair, and Nita Magfirah Ilyas. “Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Guru SMAN 11 Kabupaten Pangkep.” SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2024): 58. https://doi.org/10.35580/smart.v4i1.61392.
Simamora, Rumiris. “A Survey Research: What Is the Role of the Mendeley Application in the Student Environment?” Indonesian Journal of Education and Social Humanities 1, no. 2 (June 27, 2024): 40–45. https://doi.org/10.62945/ijesh.v1i2.117.
Supriyadi, Estu. “Penggunaan ChatGPT Open AI Pada Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dan Dampaknya Bagi Mahasiswa.” Prosiding Nasional 2024 Universitas Abdurachman Saleh SItubondo 3, no. 1 (2024): 123–30. https://unars.ac.id/ojs/index.php/prosidingSDGs/article/view/4799.
Welsby, Philip, and Bernard M Y Cheung. “ChatGPT.” Postgraduate Medical Journal 99, no. 1176 (September 21, 2023): 1047–48. https://doi.org/10.1093/postmj/qgad056.
Wuryandini, Ayu Rakhma, Lukman Pakaya, and Kadek Hartana. “Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi Bagi Mahasiswa.” Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat) 10, no. 3 (October 21, 2021): 452–67. https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.10511.
