Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa Arab pada keterampilan berbicara dalam debat bahasa Arab mahasiswa di Indonesia. Fokus utama adalah mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang paling sering terjadi, faktor-faktor penyebabnya, serta implikasinya bagi pengajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Data dikumpulkan melalui observasi rekaman video debat bahasa Arab dan wawancara dengan mahasiswa. Analisis dilakukan dengan metode Error Analysis yang meliputi pengumpulan sampel, identifikasi, klasifikasi, penjelasan, dan evaluasi kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan dari aspek morfologis, sintaksis, leksikal, semantik, fonologis, dan pragmatik. Faktor-faktor penyebab meliputi penguasaan kaidah yang belum memadai, interferensi bahasa ibu, kurangnya praktik berbicara, tekanan psikologis, dan keterbatasan kosakata. Kesalahan ini berdampak pada penyampaian pesan, kelancaran berbicara, percaya diri, pemahaman lawan bicara, kredibilitas pembicara, berpikir kritis, pengelolaan debat, retorika, penguasaan materi, penampilan, dan kemampuan menanggapi lawan debat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
- ۱۹۸۲., ح. ف. (n.d.). تحليل الأخطاء في وقانع ندوات تعليم العربية لغير الناطقين بها. جامعة الملك السعود.
- الله, ع. ا. ع. (2008). تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها “الطرق- الأساليب- الوسائل.”
- عبد المجيد سيد أحمد منصور. ۱۹۸۳ ، علم اللغة النفسي،. (n.d.). عمادة الشاون المكتبات.
- Adila, W. (2019). A Written Grammatical Error Analysis Of Second Year. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 31–44.
- Agkris, M., & Simorangkir, S. B. T. (2023). Analisis Kesalahan Sintaksis Dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 540–549. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1086
- Ainin, M. (2017). Analisis Bahasa Pembelajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing (Kajian Analisis Konstrastif, Kesilapan, dan Koreksi Kesilapan). CV. Bintang Sejahtera.
- Al-Shbail, A. O., & Diab, M. A. B. (2018). Arabic writing, spelling errors and methods of treatment. Journal of Language Teaching and Research, 9(5), 1026–1035. https://doi.org/10.17507/jltr.0905.17
- Arifianto, M. L., Kholisin, N. A. R., Izzudin, I. F., Mujahidah, Z. A., & Muhtar, S. N. (2022). Designing Research Result-Based Arabic Pragmatic Learning Module On Politeness Principles And Strategies. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 134–154.
- Baroroh, R. U., & Tolinggi, S. O. R. (2020). Arabic learning base on a communicative approach in non-pesantren school/Pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif di madrasah non-pesantren. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1).
- Bhoko, M. L., Keli, E. W., & others. (2023). Improving Students Speaking Skills Through Debate Strategy. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, Dan Sastra), 7(1), 90–99.
- Brown, H. D. (2000). Principle of Language Learning and Teaching 4th end Person Education Ltd.
- Brown, H. D. (2007). Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa, Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat Di Jakarta.
- Bungatang, Andi Dewi Rizka Ainulia, Irnayanti Bahar, Harti Oktarina, & Khaerati. (2023). Pelatihan “Public Speaking” bagi Siswa SMK Negeri Tapango dalam Kegiatan Pagelaran Seni dan Workshop Sanggar Uhhai Tammatti. Abdimas Langkanae, 3(1), 77–82. https://doi.org/10.53769/jpm.v3i1.159
- Corder, S. P. (1967). The significance of learner’s errors.
- Cresswell, J. (2013). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches.
- DeKeyser, R. (2017). Knowledge and skill in ISLA. In The Routledge handbook of instructed second language acquisition (pp. 15–32). Routledge.
- Dulay, H., & S. Krashen, M. B. (n.d.). Language Two. Oxford University Press.
- Ellis, R. (2008). Second Language Acquisition. The United States: Oxford, 98.
- Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
- Hendrickson, J. (n.d.). Error Anlysis and Error Correction in Language Teaching. SEAMEO.
- Ibrahim, H., & Ali, H. (2019). Towards a Multi-source Performance Appraisal Model in Omani Higher Education Institutions. Arab World English Journal (AWEJ), 10(4), 299–312.
- Indonesia, K. A. R. (2020). Statistik Pendidikan Agama dan Keagamaan Tahun 2020.
- Irwan, M. (2021). Perkampungan Bahasa Arab dalam Mendukung Pembelajaran Mahasiswa di IAIN Parepare. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 151–156. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1717
- Kamil, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Aplikasi Microsoft Office Power Point. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(2), 23–26.
- Majdan Paharal, R., Mohammad Azizie, A., & Nik Farhan, M. (2015). Common errors in pronouncing Arabic phonetic among Malaysia students in debate. Global Journal Al-Thaqafah, 5(1), 133–144.
- Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=1f0KEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP1%5C&dq=analisis+kesalahan+berbahasa+merupakan+aspek+penting+dalam+pengajaran+dan+pembelajaran+bahasa+arab%5C&ots=IsOCvG39H_%5C&sig=vUVds1yKNyR0K7I2MOycY7a2Z7I
- Mohamed, A. S., Mustapha, N. F., Mohamad, A. H., Shamshudeen, R. I., & Mohmad Rouyan, N. (2021). Oral Communication Strategies Preferences in Arabic Debate among Non-Arabic Speakers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(9), 131–151. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i9/10758
- Ninoersy, T. T. N., & Akmal, S. (2020). Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah Melalui Metode Debat Aktif Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 20(2), 165–188.
- Nurhayati, S. (2021). Model Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Aspek Berbicara: Sebuah Hipotesis. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 20–32.
- Riana, S., Nur, S., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Analisis Kesalahan Penerjemahan Teks Bahasa Arab Santriwati di Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 5215–5225. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3020
- Safitri, H., Wahyuni, H., & others. (2022). Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 46–51.
- Shaw, W. C. (2009). The use of strategy in debate. Quarterly Journal of Speech, 11(4), 368–372.
- Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., & Kamaludin, M. I. (2019). ديرجتلا ةغللا مسق في بلاطلل ةيبرعلا ةغللا بيكارت ةيحنا نم ثحبلا تبااتك في بلاطلا ءاطخأ نع فشكت ةباتكلا هذه " بيكاترلاو ، تاركايك وي اكاجيلك نناوس ةعماج ةفاقثلا ملعو بدلأا ةيلكب ابهدأو ةيبرعلا ةغللا مسقو ةيبترلا ةيلكب ةيبرعلا بيك ترلاو يفطعلا بيك ترلاو نيا. 3(1), 52–66.
- Swestin, G., & Primasanti, K. B. (2015). Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Scriptura, 4(2), 60–68. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.60-68
- Thornbury, S. (2005). How to teach speaking. Longman.
- Trimastuti, W., Christinawati, S., Setiatin, S., Puspita, V. A., & others. (2021). Public Speaking dan Teknik Presentasi dalam Menciptakan Pengajaran yang Menarik. PADMA, 1(2), 123–135.
- Troike, M. S. (2006). Introducing second language acquisition. Cambridge University Press.
- Wafi, H., Hidayati, N., Hakim, F. R., & Muhajir, M. (2023). Kesalahan dan Interferensi Bahasa Pada Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 95–107. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.554
- Wahyu, M., & Lubis, Z. (2023). Kesalahan Fonetik Dalam Pidato Bahasa Arab (Muhadoroh) Santri Pondok Pesantren Modren Ta’dib Al-Syakirin. `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(1), 87. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.1.87-101.2023
- Werdiningsih, I. (2018). The use of debate method to improve students’ speaking skill. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 2(2), 54–61.
- Xie, F., & Jiang, X. (2007). Error analysis and the EFL classroom teaching. Online Submission, 4(9), 10–14.
- Yousfi Abdellah, Aourach Si Lhoussain, Gueddah Hicham, N. M. (2020). Spelling Correction For The Arabic Language: Space Deletion Errors. International Workshop of AI. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.10.080
References
۱۹۸۲., ح. ف. (n.d.). تحليل الأخطاء في وقانع ندوات تعليم العربية لغير الناطقين بها. جامعة الملك السعود.
الله, ع. ا. ع. (2008). تعليم اللغة العربية للناطقين بغيرها “الطرق- الأساليب- الوسائل.”
عبد المجيد سيد أحمد منصور. ۱۹۸۳ ، علم اللغة النفسي،. (n.d.). عمادة الشاون المكتبات.
Adila, W. (2019). A Written Grammatical Error Analysis Of Second Year. Arabi : Journal of Arabic Studies, 4(1), 31–44.
Agkris, M., & Simorangkir, S. B. T. (2023). Analisis Kesalahan Sintaksis Dalam Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 540–549. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1086
Ainin, M. (2017). Analisis Bahasa Pembelajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing (Kajian Analisis Konstrastif, Kesilapan, dan Koreksi Kesilapan). CV. Bintang Sejahtera.
Al-Shbail, A. O., & Diab, M. A. B. (2018). Arabic writing, spelling errors and methods of treatment. Journal of Language Teaching and Research, 9(5), 1026–1035. https://doi.org/10.17507/jltr.0905.17
Arifianto, M. L., Kholisin, N. A. R., Izzudin, I. F., Mujahidah, Z. A., & Muhtar, S. N. (2022). Designing Research Result-Based Arabic Pragmatic Learning Module On Politeness Principles And Strategies. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 6(2), 134–154.
Baroroh, R. U., & Tolinggi, S. O. R. (2020). Arabic learning base on a communicative approach in non-pesantren school/Pembelajaran bahasa Arab berbasis pendekatan komunikatif di madrasah non-pesantren. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 3(1).
Bhoko, M. L., Keli, E. W., & others. (2023). Improving Students Speaking Skills Through Debate Strategy. KLAUSA (Kajian Linguistik, Pembelajaran Bahasa, Dan Sastra), 7(1), 90–99.
Brown, H. D. (2000). Principle of Language Learning and Teaching 4th end Person Education Ltd.
Brown, H. D. (2007). Prinsip pembelajaran dan pengajaran bahasa, Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat Di Jakarta.
Bungatang, Andi Dewi Rizka Ainulia, Irnayanti Bahar, Harti Oktarina, & Khaerati. (2023). Pelatihan “Public Speaking” bagi Siswa SMK Negeri Tapango dalam Kegiatan Pagelaran Seni dan Workshop Sanggar Uhhai Tammatti. Abdimas Langkanae, 3(1), 77–82. https://doi.org/10.53769/jpm.v3i1.159
Corder, S. P. (1967). The significance of learner’s errors.
Cresswell, J. (2013). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches.
DeKeyser, R. (2017). Knowledge and skill in ISLA. In The Routledge handbook of instructed second language acquisition (pp. 15–32). Routledge.
Dulay, H., & S. Krashen, M. B. (n.d.). Language Two. Oxford University Press.
Ellis, R. (2008). Second Language Acquisition. The United States: Oxford, 98.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
Hendrickson, J. (n.d.). Error Anlysis and Error Correction in Language Teaching. SEAMEO.
Ibrahim, H., & Ali, H. (2019). Towards a Multi-source Performance Appraisal Model in Omani Higher Education Institutions. Arab World English Journal (AWEJ), 10(4), 299–312.
Indonesia, K. A. R. (2020). Statistik Pendidikan Agama dan Keagamaan Tahun 2020.
Irwan, M. (2021). Perkampungan Bahasa Arab dalam Mendukung Pembelajaran Mahasiswa di IAIN Parepare. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 151–156. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1717
Kamil, A. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Aplikasi Microsoft Office Power Point. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(2), 23–26.
Majdan Paharal, R., Mohammad Azizie, A., & Nik Farhan, M. (2015). Common errors in pronouncing Arabic phonetic among Malaysia students in debate. Global Journal Al-Thaqafah, 5(1), 133–144.
Mantasiah, R. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa (Sebuah Pendekatan Dalam Pengajaran Bahasa). books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en%5C&lr=%5C&id=1f0KEAAAQBAJ%5C&oi=fnd%5C&pg=PP1%5C&dq=analisis+kesalahan+berbahasa+merupakan+aspek+penting+dalam+pengajaran+dan+pembelajaran+bahasa+arab%5C&ots=IsOCvG39H_%5C&sig=vUVds1yKNyR0K7I2MOycY7a2Z7I
Mohamed, A. S., Mustapha, N. F., Mohamad, A. H., Shamshudeen, R. I., & Mohmad Rouyan, N. (2021). Oral Communication Strategies Preferences in Arabic Debate among Non-Arabic Speakers. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(9), 131–151. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i9/10758
Ninoersy, T. T. N., & Akmal, S. (2020). Penerapan Pola Perkuliahan Muhadatsah Melalui Metode Debat Aktif Pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA, 20(2), 165–188.
Nurhayati, S. (2021). Model Cooperative Script Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Aspek Berbicara: Sebuah Hipotesis. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 20–32.
Riana, S., Nur, S., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Analisis Kesalahan Penerjemahan Teks Bahasa Arab Santriwati di Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(3), 5215–5225. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3020
Safitri, H., Wahyuni, H., & others. (2022). Korelasi Antara Self Concept dengan Public Speaking pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 46–51.
Shaw, W. C. (2009). The use of strategy in debate. Quarterly Journal of Speech, 11(4), 368–372.
Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., & Kamaludin, M. I. (2019). ديرجتلا ةغللا مسق في بلاطلل ةيبرعلا ةغللا بيكارت ةيحنا نم ثحبلا تبااتك في بلاطلا ءاطخأ نع فشكت ةباتكلا هذه " بيكاترلاو ، تاركايك وي اكاجيلك نناوس ةعماج ةفاقثلا ملعو بدلأا ةيلكب ابهدأو ةيبرعلا ةغللا مسقو ةيبترلا ةيلكب ةيبرعلا بيك ترلاو يفطعلا بيك ترلاو نيا. 3(1), 52–66.
Swestin, G., & Primasanti, K. B. (2015). Public Speaking Dalam Konteks Pengajaran. Scriptura, 4(2), 60–68. https://doi.org/10.9744/scriptura.4.2.60-68
Thornbury, S. (2005). How to teach speaking. Longman.
Trimastuti, W., Christinawati, S., Setiatin, S., Puspita, V. A., & others. (2021). Public Speaking dan Teknik Presentasi dalam Menciptakan Pengajaran yang Menarik. PADMA, 1(2), 123–135.
Troike, M. S. (2006). Introducing second language acquisition. Cambridge University Press.
Wafi, H., Hidayati, N., Hakim, F. R., & Muhajir, M. (2023). Kesalahan dan Interferensi Bahasa Pada Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah. Arabi : Journal of Arabic Studies, 8(1), 95–107. https://doi.org/10.24865/ajas.v8i1.554
Wahyu, M., & Lubis, Z. (2023). Kesalahan Fonetik Dalam Pidato Bahasa Arab (Muhadoroh) Santri Pondok Pesantren Modren Ta’dib Al-Syakirin. `A Jamiy : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 12(1), 87. https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.1.87-101.2023
Werdiningsih, I. (2018). The use of debate method to improve students’ speaking skill. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 2(2), 54–61.
Xie, F., & Jiang, X. (2007). Error analysis and the EFL classroom teaching. Online Submission, 4(9), 10–14.
Yousfi Abdellah, Aourach Si Lhoussain, Gueddah Hicham, N. M. (2020). Spelling Correction For The Arabic Language: Space Deletion Errors. International Workshop of AI. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.10.080