Main Article Content

Abstract

Pembelajaran maharah istima' merupakan bagian terpenting dalam mempelajari bahasa Arab. Namun, siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami materi istima' karena kurangnya minat siswa terhadap media pembelajaran maharah istima' yang kurang menarik. Penelitian ini berfokus pada penggunaan media pembelajaran maharah istima' berupa media audio visual berbasis animasi. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui relevansi penggunaan media audio visual berbasis animasi dalam meningkatkan kemampuan menyimak mahasiswa. Media animasi dapat menjadi inovasi pendidik dalam memilih media pembelajaran yang menarik, interaktif dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif karena dapat memungkinkan peneliti untuk mendeskripsikan bagaimana media animasi digunakan untuk pembelajaran maharah istima’. Tujuan dari penelitian ini adalah menggunakan animasi sebagai media belajar Bahasa arab dalam maharah istima’. Hasil yang diperoleh adalah implementasi media audio visual berbasis animasi dalam pembelajaran maharah istima'. Pertama, Dosen menggunakan berbagai fitur dalam media animasi, seperti visualisasi karakter, latar belakang cerita, dan efek suara, untuk membantu mahasiswa memahami materi. Visualisasi konteks percakapan melalui animasi memudahkan mahasiswa mengaitkan kata-kata dengan situasi nyata, yang memperkaya pengalaman belajar mereka. Kedua, Media berbasis animasi mendorong interaksi dan partisipasi aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Ketiga, adapun kendala dan tantangan yang dihadapi adalah keterbatasan sumber daya, baik dari segi perangkat teknologi maupun waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan materi animasi yang berkualitas, menjadi salah satu kendala utama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran maharah istima' yang inovatif dan efektif, serta menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya di bidang pembelajaran bahasa Arab berbasis teknologi.

Keywords

Media Audio Visual Animasi Maharah Istima’

Article Details

How to Cite
Amin, I. A. N., & Ilmiani, A. M. (2025). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animasi dalam Pembelajaran Maharah Istima’. Indonesian Journal of Arabic Education and Learning, 1(1), 66–75. Retrieved from https://jurnal.stiq.assyifa.ac.id/ijael/article/view/587

References

  1. Annisa, M. N., Rifki, M., Taufiqurrochman, R., & Anshory, A. M. A. (2023). Tekhnologi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), Article 2.
  2. Azizah, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Animasi Doratoon Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas Iv Mi Roudlotul Banat Sidoarjo [Undergraduate, Uin Sunan Ampel Surabaya]. Http://Digilib.Uinsa.Ac.Id/62297/
  3. Dwita, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik Kelas Vii Mts Mathla’ul Anwar Cemplang Tahun Pelajaran 2022/2023. Shawtul ‘Arab, 3(1), Article 1.
  4. Hamidi, K., Jamaluddin, W., Koderi, K., & Erlina, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Interaktif Untuk Siswa Madrasah Aliyah. Journal On Education, 5(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i2.1098
  5. Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Iain Palangka Raya, 8(1), 17–32. Https://Doi.Org/10.23971/Altarib.V8i1.1902
  6. Ilmiani, A. M., Hamidah, H., Wahdah, N., & Mubarak, M. R. (2020). The Implementation Of Semester Learning Plan (Rps) On Maharahistima’ Course By Using Cartoon Story Maker. Lisania: Journal Of Arabic Education And Literature, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.18326/Lisania.V4i1.1-22
  7. Ilmiani, A. M., Marsiah, Rahmah, Y., & Mubarak, M. R. (2020). Whatsapp Group To Optimize The Mahārah Istimā’ Learning During The Covid-19 Pandemic. Alsinatuna, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.28918/Alsinatuna.V6i1.2841
  8. Karami, V. E., Rachmayanti, U. Y., & Rif’ah, I. (2021). Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual (Youtube Dan Tiktok) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab | Karami | International Conference Of Students On Arabic Language. Http://Prosiding.Arab-Um.Com/Index.Php/Semnasbama/Article/View/810
  9. Luqiana, J. N., & Rasyid, H. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Wordpress Untuk Siswa Kelas Ix. Journal Of Education Research, 4(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V4i2.181
  10. Murtaziah, M. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Animaker Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 5 Di Mi Integral Al-Ukhuwwah Banjang, Amuntai [Masters, Pascasarjana]. Https://Idr.Uin-Antasari.Ac.Id/26208/
  11. Mutiara, R. (2023). Desain Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab [Other, Universitas Jambi]. Https://Repository.Unja.Ac.Id/
  12. Ni’mah, D. Z., Chamalah, E., & Azizah, A. (2021). Fleksibilitas Dan Aksesibilitas Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Semantika, 3(01), Article 01. Https://Doi.Org/10.46772/Semantika.V3i01.570
  13. Pahleviannur, M. R., Grave, A. D., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., Ahyar, D. B., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
  14. Pratiwi, I. (2022). Analisis Penguunaan Media Animasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung Iv, 3(1), Article 1. Https://Jurnal.Unissula.Ac.Id/Index.Php/Sendiksa/Article/View/19836
  15. Samnah, S. (2023, July 4). فعالية استخدام استراتيجية فكر- زواج – شارك (Share-Pair -Think) بوسيلة فيديو متحرك في تعليم مهارة الإستماع لطلبة الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية 3 بنجار Efektifitas Penggunaan Strategi Think Pair Share Dengan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Kemampuan Istima’ Kelas X Man 3 Banjar. Tarbiyah Dan Keguruan. Https://Idr.Uin-Antasari.Ac.Id/24174/
  16. Tini, C., & Sidiq, H. (2023). Implementasi Media Audio Visual Berbasis Animasi Bahasa Arab Dalam Pembelajaran MahᾹrah IstimᾹ’. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 6(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V6i2.2603
  17. Wilsa Martiana, -. (2024). Efektivitas Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Siswa Kelas Viii Smp It Future Islamic School Fis Pekanbaru [Skripsi, Uin Sultan Syarif Kasim Riau]. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/78791/